"Selamat datang di darsonmate. Kita akan berbagi pengalaman dan persahabatan. Ok"

Sabtu, 24 Maret 2012

Artikel Penelitian 2


 
 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA

BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII
                                        Darsono, SMP 1 Wonopringgo

Hp: 081548011660, Email: darsono1969@yahoo.co.id

ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan konstruktivisme materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Penelitian dilaksanakan di SMP 1 Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Desain penelitian adalah true eksperimental design. Data penelitian diperoleh melalui: (1) pengamatan nilai karakter peserta didik dan (2) tes prestasi belajar. Data-data tersebut digunakan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdasarkan (1) ketuntasan nilai karakter peserta didik, (2) ketuntasan prestasi belajar, (3) adanya pengaruh nilai karakter terhadap prestasi belajar, dan (4) adanya perbedaan prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebas adalah keaktifan (X) dan variabel terikat prestasi belajar (Y). Analisis data dengan uji t satu variabel, uji regresi, dan uji banding. Hasil penelitian adalah pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan konstruktivisme efektif meningkatkan prestasi belajar, ditunjukkan dengan: (1) nilai karakter mencapai ketuntasan yaitu  “Mulai Berkembang” ≥ 75%, (2) prestasi belajar memenuhi KKM dan ketuntasan klasikal, (3) nilai karakter berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan (4) terdapat perbedaan, prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
                                                                                      
Kata kunci: efektivitas, karakter, konstruktivisme
Read More..

Artikel Penelitian


PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA
BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII
Darsono1), St. Budi Waluya2), Ani Rusilowati3)
1SMP 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
2,3Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang

Hp: 081548011660, Email: darsono1969@yahoo.co.id

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan konstruktivisme materi bangun ruang sisi datar kelas VIII, (2) Mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran matematika tersebut yang valid, efektif, dan praktis. Pengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D (menjadi 3-D) dengan tahap-tahap: Define, Design, dan Develop. Perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Suplemen Buku Siswa (SBS), CD Pembelajaran, dan Tes Prestasi Belajar (TPB). Subyek penelitian adalah kelas VIII SMP 1 Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Data penelitian diperoleh melalui: (1) lembar validasi, (2) pengamatan nilai karakter dan keterlaksanaan RPP, (3) tes prestasi belajar, dan (4) angket respons guru dan respons peserta didik. Data-data tersebut digunakan untuk mengetahui: (1) kevalidan perangkat; (2) efektivitas pembelajaran berdasarkan ketuntasan nilai karakter, ketuntasan prestasi belajar, adanya pengaruh nilai karakter terhadap prestasi belajar, dan adanya perbedaan prestasi belajar kelas uji coba dan kelas kontrol; dan (3) kepraktisan perangkat berdasarkan keterlaksanaan RPP, respons guru, dan respons peserta didik. Kevalidan perangkat didasarkan pada penilaian ahli. Pada uji coba terbatas, variabel bebas adalah nilai karakter (X) dan variabel terikat prestasi belajar (Y). Analisis deskriptif untuk uji kevalidan dan kepraktisan perangkat. Analisis data dengan uji t satu variabel, uji regresi, dan uji banding untuk uji keefektifan.  Hasil penelitian adalah: 1. Perangkat pembelajaran adalah valid dengan skor rata-rata validitas Silabus 3,84, RPP 3,72, LKPD 3,78, SBS 3,84, CD pembelajaran 3,75, dan TPB 3,80. 2. Pembelajaran efektif ditunjukkan dengan: (1) nilai karakter mencapai “Mulai Berkembang” ≥ 75% peserta didik, (2) prestasi belajar memenuhi KKM dan tuntas klasikal, (3) nilai karakter berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan (4) terdapat perbedaan prestasi belajar, prestasi kelas uji coba lebih tinggi dari kelas kontrol. 3. Perangkat pembelajaran praktis ditunjukkan dengan: (1) keterlaksanaan RPP sangat baik, (2) respons guru baik, dan (3) respons peserta didik positif.

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Konstruktivisme


Read More..
Bangunlah dari mimpi-mimpi. Sadarlah kembali kepada jati diri. Kemana karakter bangsaku telah pergi. Kembalilahhhh.......
Tujuan pendidikan nasional? Ya benar. Baik, bagus. Tapi implementasinya..??
Dalam kenyataan yang diutamakan dalam sistem pendidikan adalah kecerdasan, keterampilan, dan atau kemampuan intelektual lain.
Read More..